Rincian Spesifikasi Steam Deck, Handheld Gaming To The Future!

Mengingat popularitas konsol game genggam baru-baru ini seperti Nintendo Switch dan yang lainnya, tidak mengherankan jika Valve baru-baru ini meluncurkan Steam Deck. Laptop gaming yang dapat digunakan pengguna untuk mengakses dan memainkan game pada library Steam mereka. Dengan kemampuan untuk memainkan semua game Steam kapan saja, di mana saja, Steam Deck benar-benar dapat mengubah kebangkitan game genggam.

Spesifikasi Steam Deck


Performa mirip mini PC gaming, Steam Deck bisa disambungkan ke TV, PC atau monitor lainnya. Tiga tingkatan penyimpanan yang berbeda juga akan ditawarkan: 64 GB, 256 GB dan 512 GB.

Berikut adalah rincian lengkap dari spesifikasi Steam Deck:

Spesifikasi Hardware 

Spesifikasi Steam Deck dilengkapi dengan AMD APU kustom yang berisi CPU Zen 2 quad-core dan 8-thread, serta delapan CU RDNA 2 untuk GPU-nya. Ini juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5 16GB, yang berarti akan memiliki beberapa fitur dalam paket genggamnya.

Akan ada tiga tingkat penyimpanan yang berbeda: 64GB eMMC ($399), 256GB NVMe SSD ($529) , dan 512GB NVMe SSD berkecepatan tinggi ($649). Meskipun 64GB tampaknya agak kecil untuk semua library game Steam, Valve meyakinkan pemain bahwa semua model dapat menambahkan slot kartu microSD berkecepatan tinggi, jadi penyimpanannya dapat diperbesar.

Dalam spesifikasi Steam Deck juga akan dilengkapi dengan layar 7 inci dengan resolusi 1280×800, dirancang untuk game 720p. Valve sepertinya juga menggunakan keyboard virtual.

Spesifikasi Steam Deck akan memiliki kemampuan Wi-Fi dan Bluetooth, memungkinkan pengguna untuk menggunakan External Controller, headset, dan bahkan keyboard dan mouse. Dock dari Steam Deck akan berisi port HDMI, Ethernet, dan USB. Steam Deck juga dilengkapi dengan baterai onboard 40 watt-jam, yang dapat memberikan waktu bermain game selama 2-8 jam, tergantung pada intensitas grafis game tersebut. Valve memperkirakan bahwa “Portal 2” dapat dimainkan selama 4 jam, dan dapat diperluas hingga 5 atau 6 jam pada 30 FPS.

Kontrol dan input platform Steam tampaknya dipengaruhi oleh Steam Controller, yang memiliki desain touchpad yang berbeda dari yang lain. Selain ABXY tradisional, bumper dan pemicu LR, D-Pad dan joystick jempol, ada juga dua touchpad persegi di bawah joystick, yang dapat digunakan untuk game seperti FPS atau MOBA. Trackpad juga akan menampilkan haptic feedback, dan latensi 55% lebih rendah dari Steam Controller.

Ada juga empat tombol pegangan yang dapat diletakan ulang pada bagian belakang Steam Deck. Tombol ini mirip dengan Controller Xbox Pro, ini ini bisa digunakan untuk memetakan operasi, seperti reload, tanpa melepaskan jari dari controller. Ini juga akan mencakup gyroscope IMU 6-sumbu untuk mengontrol gerakan ketika berpindah. Steam Deck juga sedikit lebih besar dari perangkat genggam lain seperti Nintendo Switch karena berukuran 117mm x 29mm x 50.5mm dan berat 120 gram.

Baca Juga > Bocoran Mengenai Iphone Redesign Terbesar Pada Tahun Depan

Software

Valve menyatakan bahwa Steam Deck akan berjalan dalam versi baru SteamOS yg seharusnya dioptimalkan buat bentuk genggam. Berbasis Linux, Steam Deck akan memakai Proton buat memastikan kompatibilitas game berbasis Windows & menyelamatkan developer dari kasus porting game nya.

Namun, Proton tidak sempurna & beberapa game terkenal misalnya Apex Legends, Destiny 2, & Rainbow Six Siege sepertinya mengalami kasus ketika booting. Valve menyatakan bahwa mereka sedang mengerjakan perbaikan & semoga ini dihaluskan sebelum lepas rilis liburan Steam Deck.

SteamOS pula mempunyai fitur quick suspend/resume bawaan, yang berarti Steam Deck bisa menggunakan gampang ditempatkan pada mode sleep & pengguna bisa melanjutkan dari bagian terakhir yang mereka tinggalkan.

UI Steam Deck didesain buat mencerminkan pengalaman Steam desktop lantaran meliputi fitur-fitur misalnya Steam Chat, remote play, cloud saves, notifikasi, dan tab Steam Store & Komunitas. Selanjutnya, Steam Deck akan menjaga library, koleksi, & favorit pengguna tetap sesuai dengan aplikasi desktop. Valve juga sudah merombak beberapa fitur Steam desktop misalnya Steam Overlay, sajian akses cepat, & pencarian universal supaya sinkron menggunakan Steam Deck.

Perbandingan Steam Deck Dalam Pasaran

Meskipun Steam Deck bukan yang pertama di pasar, namun bisa dipastikan menjadi yang paling terjangkau daripada yang lain. Steam Deck menawarkan harga yang mendekati Nintendo Switch. Valve bersedia menjadi agresif dalam penetapan harga Steam Deck sebagai upaya untuk memantapkan diri di pasar.

Harga awal rata-rata PC adalah $800-$1400, dan harga awal Steam Deck $399 berarti bahwa audiens yang lebih luas dapat dijangkau, yang akan membantu perusahaan dalam jangka panjang. Gabe Newell menyatakan bahwa Valve tidak ingin kompromi pada komponen dan kinerja Steam Deck, sehingga Spesifikasi Steam Deck sangat kuat.

Gabe Newell menggambarkan strategi penetapan harga yang “menyakitkan” dan mengisyaratkan pengurangan biaya yang disengaja sebagai strategi untuk membedakan dirinya dari pesaing. Ini mungkin menjadi strategi yang cukup efektif dimana banyak peningkatan dari segi hardware namun dengan harga yang masih affordable untuk dompet para gamer.

Baca Juga : Android 12 Akan Membiarkan Users Bermain Game Saat Masih Mendownload!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *